Moslem Itu Vegetarian

by Ali Syarief

Ada ayat didalam al-quran yang bunyinya begini “qulu halalan thayiban”, artinya makanlah makanan yang halal dan yang thayib. Halal kira-kira ngga ada babinya atau yang najis2 gitu deh. Tetapi kata “thayib”, mulsim Indonesia kalah cerdik dengan Muslim Malaysia. Di Malaysia Thayiban di artikan sebagai kata “healthy food”. Malah sudah menjadi opini dunia sekarang “halal food” artinya “healthy food”. Jadi business yang luar biasa saat ini, sebab healthy food sudah bukan issue agama lagi, melainkan issue global karena trend dan demand umat manusia saat ini. Sementara MUI, masih bicara urusan mengandung minyak babi atau tidak!!!.

Tapi terlepas dari itu semua, saya ingin menafsirkan bahwa thayiban itu, “healthy Food”, adalah makannan yang selayaknya dikomsumsi oleh manusia (sunnatullah). Apa itu? Mari kita analisis makhluk jenis apa manusia itu.

Kita bisa mengkatagorikannya kedalam dua jenis makhluk hidup. Satu, yaitu makhluk hidup pemakan daging-dagingan atau sering kita sebut sebagai Carnifora. Sedangkan yang kedua, makhluk yang biasa disebut sebagai makhluk herbifora, yaitu makhluk pemakan tumbuh-tumbuhan.

Manusia makhluk yang mana? Kalau dilihat kebiasaannya, manusia makhluk yang tidak jelas jenisnya, karena segala dimakan. Tetapi bila dilihat dari cirri-cirinya, seperti pada makhluk herbifora, cara ngunyahnya di giling, karena struktur giginya dan tidak ada`taringnya. Carnifora ada taringnya. Panjang usus pemakan tumbuh2an, seperti Gajah, Kerbau, Kuda, lebih panjang dari Singa, Anjing dan pemangsa daging lainnya. Cara minum, makhluk herbifora dihisap, sedangkan carnifora di jilat, dst.

Itulah sebabnya mengapa di agama Budha dan advent, dilarang makan-makanan yang bernyawa, karena memang sunatullahnya manusia itu adalah makhluk pemakan tumbuh2an. Jadi tafsir “thayiban” itu, bagi saya adalah vegetarian.

Gajah, Kuda, Kerbau vegetarian, makanya kuat.

アリ。サリーフ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s