Akhirnya Malu Menipu Diri Sendiri

Dasar Ali!!!. Ali adalah nama poipuler yang tertulis dalam buku buku pelajaran bahasa Indonesia di Jepang. Ali adalah identitas nama orang Indonesia. Ceritanya, waktu hari pertama keluar hotel, bermaksud mau menikmati indahnya kota Prague, saya menggunakan angkutan Trem berkeliling kota yang sangat menakjubkan itu. Biaya tiket Tram hanya 24 Krone atau kira-kira setara dengan Rp. 15000 untuk kira 20~40 menit perjalanan. Murah sekali, bila di bandingkan dengan service yang kita terima, kenyamanan, tepat waktu, dan kiri kanannya penuh dengan pemandangan gedung-gedung yang sangat indah.

Usai membeli ticket, di vending machine yang ada di depan hotelku, saya kemudian naik Tram no 22 jurusan ke down town, dimana tourist banyak berkungjung. Sampai saya turun dari Tram dua stop setelah jembatan, tak ada seorangpun yang kontrol ticket saya. Begitu juga penumpang lain, nampaknya seperti tidak ada urusan dengan tiket pertiketan. Saya kemudian cepat faham, kalau naik Tram bisa tidak harus beli tiket. Ini karena pengalaman saya di Jepang!.

Benar, hari kedua saya putar-putar kota lainnya, dengan nyaman saya menikmati Tram tetapi tidak membeli tiket selembar pun. Dalam benak saya, kalau ketahuan ada rahasia, ya siap bayar denda saja. Namun saat sore hari saya pulang ke hotel, saya kembali naik tram no 22 lagi. Saya melihat dua orang kakek nenek, yang baru naik Tram yang saya tumpangi, lalu memasukan tiket tram tersebut ke mesin alat stempel sebagai kontrol tiket, kalau tiket tersebut sudah di pergunakan.

Alat kontrol setempel tersebut kemudian menyadarkan saya, kalau di Prague, negara yang pernah menganut system komunis, dan gereja-geraja sudah banyak ditinggalkan jamaatnya, kejujuran masih tetap ada bagi warga Prague. Terbukti, tiket dibeli sendiri, dan kemudiaan disetempel sendiri. Kontrolnya adalah kejujuran hatinya.

Pada hari ke empat, saya berjalan-jalan, dengan Tram dan Sub way Metro, saya membeli tiket lengkap pulang pergi dan saya stempelkan sendiri. Malu kepada diri sendiri!.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s