Perintah Membaca, Apa yg harus di baca?

Kata “iqra”, didalam al-qur’an, konon adalah wahyu yang pertama kali diterima oleh Muhammad. Asal kata dari qaraa, yang artinya adalah membaca, kemudian menjadi fi’il amar, yaitu “iqra” dan artinya kemudian menjadi perintah untuk membaca. Bacalah!. Apa yang harus di baca? Terusan ayat itu adalah “bis ismirobbi al khalaq”, artinya “dengan nama Tuhan yang telah menciptakan”. Bacalah alam semesta ini, begitu terjemahan bebasnya.

Tetapi dalam perakteknya, yang terjadi dan yang kita perhatikan adalah seperti ini ;

1. Musabaqah tilawatil qur’an, perlombaan membaca ayat-ayat al-qur’an. Disini sang juara di pilih karena cara melantunkan dan kefasihan melafalkan ayat-ayat al-qur’an, termasuk memahami artinya.

2. Didalam pelajaran-pelajaran Al-islam, dengan berbasis kepada hadist-hadist tertentu yang biasa kita baca, saya tidak tahu kesahihannya hadist-hadist tersebut, bahwa dengan membaca wahyu-wahyu tersebut saja, sudah di beri pahala yang besar oleh Allah SWT.

3. Sebagian umat Islam, bahkan percaya bahwa dengan membaca surat-surat tertentu, seperti Surat Yasin, bisa menghapus dosa-dosa besar, membaca surat Yusuf bisa menadi menambah kegantengannya sehingga di sukai para wanita, membaca surat waki’ah, bisa cepat membayar utang piutang. Bahkan orang yang sakit, bila di bacakan surat-surat tertentu ayat-ayat tadi berfungsi sebagai healing atau penyembuhan.

Dalam pemahaman saya, implementasi membaca Alam itu, seperti Amerika punya NASA, Indonesia Punya LAPAN, Boscha menemukan teropong bintang, Thomas Alpa Edison menumukan listrik, James Watts menciptakan mesin pembangkit. Di Belanda, German dan Negara-negara eropa lainnya, mengubah angin menjadi energi listrik, begitupun energi panas matahari yang melimpah ruah ini, menjadi solar energi dst.

Hayoh FPI, kapan punya Laboratorium Alam Semesta?

Advertisements

3 thoughts on “Perintah Membaca, Apa yg harus di baca?

  1. Sebuah tulisan yang bagus. Sederhana namun sangat mengena. Saya setuju. Alangkah baiknya jika tulisan ini ditujukan untuk semua orang dan bukan hanya untuk sebagian kelompok orang sebagaimana tertulis dalam kalimat terakhir.

  2. iya, disamping tidak hanya diperuntukkan satu kelompok kecil Petamburan, juga akan semakin baik jika model-model kecil dari kolega bangsa Indonesia bisa kita unggahkan. Sekecil apapun kiprah, tetap masih memiliki fungsi untuk membangkitkan semangat berprestasi sehingga tidak berujung nervous dengan NASA yang kita semua sudah tahu hasil dari sumbernya apa. Bismillah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s