Merajut Keutuhan Budaya

Tidak dapat kita pungkiri bahwa semua permasalahan bangsa saat ini, pada akhirnya tertumpu kepada / disebabkan oleh lemahnya nilai-nilai kekokohan budaya bangsa kita sendiri. Padahal identitas suatu bangsa, kebesaran suatu bangsa dan bahkan keutuhan suatu bangsa, akan sangat ditentukan oleh keajegan budaya bangsanya itu sendiri.

Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai kesatuan etnisitas, suku, ras, agama dan budaya local (endogenous) adalah merupakan keunikan tersendiri, yang justru sekaligus bukan saja seharusnya menjadi kekuatan (strength), akan tetapi dapat menjadi suatu keunggulan (advantage) dalam berbagai hal.

Faktor Geografis, Demografis dan keragaman budaya local adalah potensi bangsa ini, baik dalam pengembangan ekonomi dalam rangka mensejahteraan bangsa, landasan politik sebagai pengembangan demokrasi dalam rangka membentuk pemerintahan yang kuat, maupun keutuhan wilayah nuasantara itu sendiri. (Ingat; IPOLEKSOSBUD MIL&HANKAM)

Namun demikian, akhir-akhir ini ada fenomena, bahwa kita semakin merasakan kehawatiran yang sangat mendalam, bahwa pengikisan nilai-nilai cultural kita, telah menjadi semakin besar, sehingga bukan saja telah mengancam nilai-nilai kebangsaan kita, akan tetapi keutuhan suatu bangsa akibat nilai moralitas bangsa yang semakin rendah, yang pada gilirannya akan mengancam terhadap keutuhan wilayah nusantara. (Perhatikan peristiwa seperti tawuran, dekadensi moral remaja, kriminilitas dan sadisme,dll)

Oleh karena itu, adalah menjadi kewajiban semua pihak, untuk kembali merajut tatanan budaya bangsa ini, sehingga kembali pada relnya, agar dapat memicu kekuatan bangsa, baik dalam kehidupan politik, ekonomi maupun dalam berbudaya itu sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s