Polisi itu angkatan Perang – Tentara itu Polisi

Membaca judul artikel ini, mungkin saja anda bingung. Tapi mari kita lihat, dari struktur organisasinya dahulu. Lihat, organisasi TNI, apa yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia, ternyata sama juga dengan yang dimiliki oleh Polisi RI. Di Pusat umpamanya ada MABES TNI, Polisi juga ada MABES POLRI nya. TNI punya Panglima, Polisi Punya Kapolri. TNI punya Kodam, Polisi memiliki POLDA. TNI Punya Kodim, Polisi juga punya POLRESTA. Di Kecamatan TNI punya KORAMIL, Polisi juga punya PELSEKTA.

Jadi dilihat dari strukturnya, POLISI kita sama dengan Tentara atau angkatan Perang.

Sekarang bagaimana dengan TNI?

Yaitu tadi, dari tingkat pusat hingga ke kecamatan, organisasi TNI sama dengan organisasi Polisi. Kalau struktur polisi tersebut, benar harus seperti itu, maka Tentara Nasional Indonesia kita, adalah sama dengan Polisi, alias angkatan TIBUM atau Tertib Umum. Tanda jasa yang ada di dada para jenderal polisi itupun, nampakya tanda jasa telah berperang/veteran.

Bagaiamana Polisi di Negara lain?

Di America polisi itu seperti “Sheriff” dan di Jepang tugas polisi itu seperti “Kobang Polis”. Mereka melayani warga sekitarnya, seperti kalau orang tua, mengingatkan untuk minum obat, disamping tertib umum.

Nah di Indonesia, polisi itu, sejatinya seperti “Pecalang” di Bali.

Bagaimana Tentara di Negara lain?

Yang pasti tentara di Negara-negara lain itu, tidak ditemui berkeliaran dengan pakaian seragam di kota-kota, tempat-tempat public atau di tempa-tempat hiburan. Mereka berada di daerah-daerah perbatasan, atau di daerah-daerah dimana dengan mudah menyerang musuh.

 

 

Advertisements

One thought on “Polisi itu angkatan Perang – Tentara itu Polisi

  1. Sedikit masukan, “kalo di negara lain, tidak ada tentara berseragam di kota-kota”. Syukurlah di Indonesia tidak demikian. Memfokuskan tentara ke tempat tertentu saja adalah fatal, bila musuh berhasil menyelinap masuk ke kota, siapa yang akan menjadi garda pertama? Polisi? Apakah alat perang mereka sebanding? Yang ada musuh dengan gampang menduduki tempat2 strategis di kota.
    Itu yang terjadi di negara kaya iraq, suriah, dan yaman. Dengan gampangnya negara lain / pemberontak menguasai sebagian besar wilayah mereka, karena ketidaksiapan tentaranya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s