Siapa Negara Sahabat Indonesia?

Saat sekolah dahulu, tiap hari saya harus melewati Hiroshima Peace Park, taman dimana Bom Atom Amerika meledak. Tampak betapa dahsyatnya dampak Bom telah membunuh ratusan ribu warga Hiroshima. Tiap hari bukan saja warga Hiroshima yang berkunjung ke Peace park tersebut, bahkan setiap bulan Agustus masyarakat Jepang memperingati jatuhnya Bom Hiroshima dan Nagasaki disini.

Setelah saya bertanya kepada teman-teman warga Jepang, tentang amerika, tanpa seorang pun yang saya tanya, merasa benci kepada Amerika. Bahkan perasaann saya, justru orang Jepang malah sangat senang dengan Amerika.

Kasus yang sama, atara Vietnam dan Amerika, juga begitu mesranya saat ini, warga Vietnam mendapat privilege di Amerika dalam berbagai hal, dan tidak ada kebencian, bahkan seolah-olah saling melupakan masa lalu.

Orang Malaysia dan Singapore, dengan mudahnya bisa keluar masuk Inggris, bahkan ke USA untuk warga Singapore bebas Visa, membuat saya menjadi jealous, dan bisa dengan mudahnya pada sekolah di sana.

Bangsa kita itu, bahkan dengan Malaysia itu, tak pernah mau akur walau konon bangsa serumpun. Begitu pun dengan Singapore, walau hanya 30 menit dengan jalan laut, ada sejarah yang budaya yang erat, tetapi seperti nya bukaan Negara sahabat Indonesia. Apalagi dengan Australia, walau Negara tetangga terdekat Australia, tetapi selalu tegang saja.

Saya hawatir, kalau situasi seperti tersebut, adalah produk dari setiap bulan Agustus, saat memperingati HUT Kemerdekaan RI, thema kita adalah Belanda dan Jepang adalah penjajah itu keji. Bahka yang masih terngiang dalam telinga kita “ganyang Tengku Abdurahman, Amerika kita Setrika, Inggris Kita Linggis”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s