Bukan Takdir Tuhan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:”Tidaklah setiap anak yang lahir kecuali dilahirkan dalam keadaan fitrah. Maka kedua orangtuanyalah yang akan menjadikannya sebagai Yahudi, Nasrani, atau Majusi.

Hadist tersebut, ingin “saya anggap sabagai firman Tuhan”, karena menceritakan fakta yang sangat logis dan benar adanya. Hampir semua dari kita, menjadi Muslim, karena orang tua kita, menjadi Kristen karena peran pendidikan orang tua, menjadi Hindu karena turun temurun dari leluhurnya.

Ketika manusia terlahir, sesuai dengan fitrahnya, adalah atheist !

Jadi hampir pada umumnya, kita adalah bukan diri kita sendiri, melainkan menjadi kehendak orang tua kita. Dan begitu harapan semua orang tua, ketika kemudian anak-anaknya “menjadi seseorang yang sesuai dengan harapannya”.

Bagaimana dengan Tuhan? Kelihatannya, tuhan tidak keberatakan, manusia mau jadi apa saja juga, bahkan atheist sekalipun. It has no judgment. Siapapun kita, di beri hak yang sama. Diberi kesempatan yang sama. Nilai-nilai diantara manusialah yang sesungguhnya membedakan masing-masing kita, posisi kita dan bahkan nasib kita.

Be yourself!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s